Mengetahui Pengertian Proforma Secara Lengkap

Mengetahui Pengertian Proforma Secara Lengkap

Dalam dunia bisnis, anda semuanya harus mengerti dan mengenal invoice. Invoice mtermasuk berkas yang dipakai untuk pernyataan tagihan yang ditujukan pada customer. Jadi bisa dikatakan semacam data transaksi maupun catatan transaksi. Dalam perusahaan, bentuk invoice dapat berbeda-beda sesuai kebutuhan.  Setiap perusahaan jasa pastinya memerlukan invoice untuk transaksi yang terjadi. Tapi, apabila klien perusahaan itu tidak menginginkan detail mapun rincian jasa yang akan dibayar, maka dengan menggunakan kwitansi saja sudah bisa. Pembuatan invoice ini dilakukan berdasarkan barang atau jasa yang diterima dengan baik oleh customer anda.

Terkadang, barang yang sudah dikirimkan pada akhirnya diterima sebagian saja atau justru ditolak sebab tidak sesuai pesanan. Sehingga, invoice ini dibuat serta dikirimkan sesudah tahap delivery order, dan juga ditandatangani oleh pihak customer. Setiap kali ada transaksi pembelian, transaksi bisa dilakukan dalam sekali surat jalan atau bisa secara bertahap. Dengan demikian banyak kebijakan perusahaan yang memutuskan pembayaran bisa dilakukan sesudah pesanan diterima oleh pihak pembeli. Untuk itu, invoice ini  akan dibuat apabila pesanan pelanggan sudah diselesaikan secara menyeluruh. Invoice ini bisa dijadikan bukti dari transaksi penjualan yang dilakukan dengan kredit. Nah, lalu apakah pengertian dari proforma invoice?

Pengertian Proforma Invoice

Proforma invoice adalah faktur yang disiapkan oleh supplier sebelum barang atau jasa disediakan. Untuk proforma invoice ini selanjutnya akan dikirim pada customer sebelum mereka menerima produk. Fungsi dari proforma invoice adalah untuk memberikan layanan kepada para pembeli mengenai transaksi yang telah dilakukan. Yak hanya itu saja, bisa juga untuk memungkinkan pembeli dalam memperkiraan biaya transaksi yang sebaiknya dibayar untuk produk yang dibeli, biaya pengiriman serta biaya pemrosesan. Proforma invoice juga diketahui sebagai jenis faktur sementara, yang diberikan sebelum penyerahan barang secara menyeluruh.

Faktur ini bisa digunakan sebagai faktur pengganti sementara. Sebab, barang yang diberikan kepada pembeli dikirimkan dengan cara bertahap maupun terpisah. Dengan adanya proforma invoice yang disediakan, pembeli akan melunasi pembayaran. Pembelian akan memesan barang sesuai dengan proforma invoice. Akan tetapi, barang tersebut belum diterima kesemuanya dari jumlah pesanan. Kemudian,  proforma invoice pada akhirnya ditukar dengan faktur utuh atau faktur biasa jika semua barang yang dipesan sudah diterima keseluruhannya. Perbedaan invoice dan proforma invoice bisa dilihat dari segi berikut ini.

Fungsi dan Ketentuan Invoice

Fungsi dan Ketentuan Invoice
  • Fungsi invoice ini untuk informasi atas barang atau jasa yang dipesan oleh pelanggan
  • Menjadi informasi mengenai nilai tagihan serta termin pembayaran yang harus dilunasi oleh pelanggan
  • Pelanggan bisa memperbaiki barang atau jasa, dan juga nilai yang dibeli apabila yang tercatat tidak sesuai dengan yang dipesan
  • Rujukan yang absah apabila barang atau jasa yang tercatat akan dijual lagi ke pihak lain
  • Rujukan yang absah untuk memasukkan transaksi pada pembukuan keuangan
  • Rujukan yang absah untuk faktur pajak dalam kasus-kasus tertentu

Fungsi dan Ketentuan Proforma Invoice

  • Faktur ringkasan atau perkiraan yang pengirimannya dilakukan oleh penjual kepada pelanggan sebelum ada transaksi pengiriman barang
  • Mencatat jenis serta jumlah barang yang dipesan, nilai barang. Selain itu juga untk mencatat informasi penting lainnya, misal berat dan biaya kirim
  • Faktur proforma pada umumnya dipakai sebagai faktur sementara dengan kutipan
  • Proforma invoice ini lain halnya faktur biasa, sebab tidak termask tagihan atau penagihan pembayaran

Perbedaan yang paling umum dari invoice dan proforma invoice adalah dilihat dari pembuatan pencatatan transaksi. Sebab, untuk invoice itu tersebut termasuk bentuk piutang. Kemudian, untuk proforma invoice ini merupakan transaksi pencatatan masih berupa draft yang sebaiknya dikonfirmasi lagi menjadi invoice.

Leave a Reply